Fauna TNGM


  • Add Comments
  • Print
  • Add to Favorites

Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi memiliki potensi fauna yang cukup tinggi. Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan diketahui  97 jenis burung (2.714 individu, 32 famili) dan 15 jenis mamalia (167 individu, 10 famili). Dari jenis-jenis tersebut, 17 jenis burung dan 4 jenis mamalia termasuk jenis yang dilindungi menurut PP No 7 Tahun 1999, 6 jenis memiliki nilai konservasi tinggi (IUCN 2011), 9 jenis diawasi dalam perdagangan satwa langka (CITES), 23 jenis endemik Indonesia dan 2 jenis termasuk feral atau bukan sebaran alami Indonesia atau domestik.

 Sementara itu, dari jenis-jenis mamalia yang distribusinya luas adalah Monyet ekor panjang, kucing hutan, dan musang. Dari seluruh mamalia yang dijumpai, monyet ekor panjang merupakan jenis yang paling banyak dijumpai (62,5%) karena distribusinya luas dan selalu dijumpai dalam kelompok besar. Beberapa jenis mamalia yang dijumpai tidak langsung (berdasarkan jejak) pada saat peninjauan lapangan antara lain : Lutung Jawa (Trachypithecus auratus), Babi Hutan (Sus scrofa), Kijang (Muntiacus muntjak), Kucing hutan (Prionailurus bengalensis), Luwak (Paradoxurus hermaphroditus) dan Landak (Hystix brachyura). Sementara berdasarkan informasi masyarakat yang diterima oleh TNGM, pernah dijumpai macan tutul/kumbang (Panthera pardus melas) yang turun ke dekat pemukiman di wilayah Sleman dan Magelang.  Dari seluruh jenis mamalia tersebut, 4 jenis dilindungi (PP No 7 Tahun 1999), 1 jenis memiliki nilai konservasi tinggi (IUCN Redlist Data book, 2011). Data keanekaragaman jenis mamalia yang ada di TN Gunung Merapi tersaji pada tabel berikut.

 Jenis herpetofauna yang ditemukan hanya tiga jenis, yaitu kadal kebun (Eutropis multifasciata), dan Katak Pohon Emas (Philautus aurifasciatus), dan Kongkang Kolam (Rana chalconota). Dari ketiga jenis tersebut tidak ada yang memiliki status perlindungan yang tinggi tetapi terdapat satu jenis endemic, yaitu Katak Pohon Emas. (NPSS)

No Comments to “Fauna TNGM”

tambah komentar.

Leave a Reply





 

  • Artikel

    Fauna TNGM

    Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi memiliki potensi fauna yang cukup tinggi. Berdasarkan hasil survey yang telah...

    August 5th, 2016 | Read more